Skip navigation

Hidrogen peroksida (H2O2) adalah cairan bening, agak lebih kental daripada air, yang merupakan oksidator kuat. Sifat terakhir ini dimanfaatkan manusia sebagai bahan pemutih (bleach), disinfektan, oksidator, dan sebagai bahan bakar roket.

Hidrogen peroksida dijual bebas, dengan berbagai merek dagang dalam konsentrasi rendah (3-5%) sebagai pembersih luka atau sebagai pemutih gigi (pada konsentrasi terukur). Dalam konsentrasi agak tinggi (misalnya merek dagang Glyroxyl®) dijual sebagai pemutih pakaian dan disinfektan. Penggunaan hidrogen peroksida dalam kosmetika dan makanan tidak dibenarkan karena zat ini mudah bereaksi (oksidan kuat) dan korosif.

Belum lama ini di Tampa, Amerika Serikat, diselenggarakan perlombaan mobil berbahan bakar hidrogen peroksida atau H2O2. Mungkin berita ini relatif baru bagi kita. Namun, perlu diketahui bahwa reaksi dekomposisi hidrogen peroksida menghasilkan energi yang cukup besar, apalagi dengan bantuan katalis tertentu. Dan energi reaksi ini bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan mobil. Reaksi yang terjadi adalah sebagai berikut:

H2O2 –> H2O + O2 + Energi

Energi yang dihasilkan cukup besar, dengan biaya yang diperlukan relatif kecil. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa mobil berbahan bakar hidrogen peroksida menarik. Selain itu, suara yang dihasilkannya pun unik.

Proses yang terjadi di dalam mesin sendiri adalah sebagai berikut. Hidrogen peroksida dialirkan ke dalam ruang bakar, di mana di dalamnya terdapat saringan yang terbuat dari perak atau platina, yang berfungsi sebagai katalis. Pada saat terjadi kontak, H2O2 terdekomposisi dan menghasilkan energi yang cukup besar untuk menggerakan mobil.

Dan satu lagi kelebihan mobil berbahan bakar hidrogen peroksida ini adalah bebas polusi. Tidak ada karbon monoksida (CO), oksida nitrogen (NOx), oksida belerang atau timbal (Pb) yang dikeluarkan. Yang ada hanyalah oksigen dan air. Benar-benar ramah lingkungan dan tidak membahayakan kesehatan manusia.

Mudah-mudah saja mobil seperti ini bisa diproduksi secara komersial, sehingga bisa mengurangi dampak pemanasan global. (cardomain.com)

sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Hidrogen_peroksida
http://anekailmu.blogspot.com/2009/10/mobil-berbahan-bakar-hidrogen-peroksida.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: