Skip navigation

Menunggu Jakarta Bebas Banjir
Hm…. Dari judulnya sih agak pesimis, sampai kapan Jakarta bebas banjir???. Membicarakan masalah banjir memang tidak bias di lepaskan oleh peran penting manusia yang mendiami bumi ini, karena banjir tidak hanya terjadi di kota hebat seperti Jakarta ini. Diperkirakan Jakarta sudah mengalami kebanjiran sejak zaman Belanda, karena gubernur Batavia yang di jabat oleh kompeni Belanda sudah mulai memikirkan untuk menanggulangi banjir di Jakarta pada waktu itu, terbukti dengan tersebarnya beberapa danau buatan atau setu di Jakarta ini. Mereka membuat setu-setu untuk menampung debit air yang besar sehingga Jakarta tidak terendam.
Sekarang apa yang terjadi jika Jakarta dilanda hujan lebat? Kendaraan bermotor yang padat berlalu-lalang di Jakarta akan sepi dan berganti dengan perahu karet yang mengevakuasi para penduduk Jakarta yang terkena banjir. Pemerintah bukanya tinggal diam menghadapi ini namun, bingung lantaran langkah apa yang harus dilakukan untuk menanggulangi masalah yang sudah terjadi beberapa abad lalu ini di Jakarta.
Langkah pemerintah yang kita ketahui nuntuk mengatasi banjir adalah dengan membangun BKT atau banjir kanal timur yang diharapkan dapat menampung air kiriman dari bogor sehingga Jakarta tidak menjadi danau musiman, namun apa yang kita lihat sekarang?, pembangunan yang sudah lama di laksanakan belum juga rampung, dan malah menimbulkan banyak masalah baru mkengenai pembebasan tanah warga yang mendiami daerah tersebut setelah bertahun-tahun.
Tersebar isu bahwa Jakarta akan belajar menagani banjir dengan Negara Belanda menggunakan teknologi yang di pakai di Belanda juga, pertanyaanya, berapa dananya?, dimana lokasi membuat bendungan terbesar itu? Kapan proyek itu tercapai. Dan yang paling ditunggu warga Jakarta, kapan Jakarta bebas banjir???. Kita tunggu apa langkah pemerintah menghadapi banjir dan banyak berdoa agar Jakarta tidak tenggelam dan hilang. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: