Skip navigation

CONTROL PANEL

Seperti pada namanya, Control Panel yakni suatu system pengendalian atau pengaturan bagian-bagian dalam suatu software dalam perangkat computer. Apa saja yang dapat dikendalikan dsalam Control panel?, Dalam control panel kita dapat mengatur atau mengeset suatu aplikasi-aplikasi software ataupun hardware dalam computer, diantaranya adalah untuk tampilan atau display, untuk mengatur hardware output dari suatu printer dan fax, menghapus suatu aplikasi software, mengeset tanggal, user account, connection to internet, mengatur kemampuan dalam sound, dan banyak lagi.

Untuk lebih mengenal lagi apa yang terdapat dalam control panel, dan memperdalam pengetahuan kita untuk mengatur atau mengeset kemampuan aplikasi hardware dan software mari kita membahasnya bersama.

Pertama kita akan membahas tentang :

Apperaeance and Themes

Dalam appereance and themes terdapat beberapa pick task diantaranya:
Change the computers’ theme, merupakan sarana untuk mengganti thema pada tampilan windows kita, setelah anda pilih tema yang anda tentukan, kemudian apply dan thema pun akan berubah seperti keinginan
Change The desktop background, sama seperti hal diatas pilih gambar kemudian apply, maka tampilan background akan berubah.
Change the screen resolution, pada bagian ini ada akan menemui pengaturan mengenai kemampuan resolusi screen VGA yang digunakan, mulai dari 800×600,960×600 dan 1024×768, ukuran-ukuran akan merubah bentuk tampilan computer anda ukuran yang paling tinggi tentunya akan semakin baik pada tampilan computer anda, namun semua juga akan tergantung pada kemampuan VGA yang terpasang pada motherboard anda.

Network and Internet Conection

Dalam bagian ini merupakan layanan aplikasi untuk mengset up koneksi internet pada computer.
Set up or change your internet conection, merupakan layanan untuk menghubungkan komputer pada koneksi internet, kita dapat mensetting apa yang kita gunakan dalam sambungan internet, seperti ISP, modem, dll kita juga dapat mengubah setting LAN pada computer kita
Create connection to the network at your workplace, disini akan ditanyakan apa yg kita gunakan dalam sambungan apakah dengan dial phone atau dengan virtual private conection
Mengaktifkan sambungan internet, kita dapat mengaktifkan sambungan melalui firewall, wireless, broadband, modem dll.

Add or remove programs

Dalam pick category ini terdapat kumpulan program-program atau software aplikasi pada computer kita dan disini pun tempat kita untuk menambahkan berbagai macam program aplikasi lainya atau juga menghapus program-program aplikasi yang sudah terInstal pada computer kita, bahkan kita juga dapat meng update program aplikasi tersebut jika memang dibutuhkan oleh program aplikasi tersebut, pada add or remove program juga dilengkapi informasi tentang ukuran program yang terpasang pada computer.

Sound, speech, and audio devices

Kategori ini tersedia layanan untuk memudahkan kita dalam mengatur kemampuan audio yang terpasang pada output computer kita, sehingga kemampuan audio dapat kita pilih sesuai dengan keingginan kita. Setelah kita membuka sub kategori kita akan akan menemui kotak dialog Sound, speech, and audio devices properties, dan terdapat kolom volume, sounds, audio, voice hardware. Pada kolom Volume, kita dapat mengubah setting besar kecilnya volume suara yang dikeluarkan oleh speaker. Pada sounds, kita dapat mengubah scheme dari sound kita sendiri, kebetulan saya menggunakan scheme default windows pada sounds. Audio yang saya gunakan adalah realtek AC97 audio , pada konfigurasinya kita dapat mengaturnya sesuai keinginan kita sendiri.

Performance and mainentance

Pada see basic information about your computer, akan ditampilkan informasi properties tentang dasar computer anda, pada general terdapat informasi tentang system pada computer anda seperti, Microsoft apa yang terinstal pada computer anda, kecepatan mengeksekusi perintah, Pentium yang digunakan atau bahkan dimana anda membeli computer anda.
Adjust visual effect, akan ditampilkan performance option, anda dapat memilih apa tampilan visual effect yang ingin anda tampilkan atau anda tidak tampilkan pada computer
Menghapus isi hardisk, hati hati dengan kategori ini jika salah-salah semua data yang tersimpan pada computer anda akan hilang dengan seketika.
Backup data, anda dapat membackup seluruh data yang terdapat pada hardisk computer anda.
Disk defragment, pada bagian ini anda dapat melihat file-file atau data yang harus di defragment dalam disk computer anda sehingga kinerja computer anda yang sedikit menurun Karena kerusakan file-file yang harus di defragment akan kembali pulih.

Printers and other hardware

Terdapat dua pick task diantaranya adalah untuk melihat printer atau fax yang telah terpasang dan aktif dalam computer kita,
Sedangkan ada beberapa hardware lagi yang dapat kita setting selain printer dan fax tadi, diantaranya adalah mouse, keyboard, game controllers, kamera, modem, dll yang kesemuanya dapat di setting disini.
Kita ambil contoh pada penyettingan mouse, kita dapat mengatur mulai dari kecepatan gerak mouse, atau penggunaan left atau right button yang ingin kita gunakan seperti left button untuk normal, namun ada juga right button apabila user memiliki kemampuan tangan kidal. Mengganti bentuk cursors yang lebih menarik dll. Dan pada intinya hardware pendukung kita dapat setting dengan keinginan atau kebutuhan kita dalam penggunaanya, semua tercakup di dalam printer and other hardware pada control panel.

User account

Tugas kita disini adalah mengenai kita di dalam computer ini , disini kita bisa membuat account pribadi kita sendiri, nama kita atau bahkan kita dapat meletakan foto kita, sehingga pada logon atauapabila anda mengklik start akan ada tampilan foto dan nama kita di pojok kiri paling atas dialogue box menu

Date, time, and language

Kita dapat dengan mudah dan tanpa bantuan khusus untuk mengatur menu disini karena kita hanya diminta untuk menyesuaikan tanggal, jam, hari yang tertera sehingga akan tepat pada hari saat anda beraktifitas. Bahkan kita dapat mengganti bahasa pada software windows kita, namun ada sarat atau ketentuan yang harus dipenuhi user apabila menginginkan bahasa windows kita menjadi bahasa sehari hari yang dapat kita gunakan seperti bahasa Indonesia.

Accessibility options

Pada sub menu ini kita dapat mengatur accebility pada computer misalnya accessibility pada keyboard yang kita gunakan, apa kita menggunakan, stick keys, filter, atau toggle keys. Seperti pada keyboard kita akan menemukan pilihan pada Sounds accessibility, apakah kita menggunakan sounds sentry jika iya anda dapatr memilih type visual warningnya.dll.

Security center
Pada bagian ini merupakan kemampuan computer kita untuk mengatasi masalah tentang pengamanan serluruh system pada computer kita, pada pusat pengamanan ini semua berkaitan pada ada atau tidaknya virus yang dapat mengrogoti system pada computer kita dan ini sangat berkaitan erat dengan adanya pengaman yakni anti virus, sehingga seluruh system pada computer anda akan terlindungi meskipun tidak semua antivirus dapat menahan atau menanggulangi virus-virus yang masuk dalam computer, ini karena semakin cangihnya virus-virus sehingga tidak dapat terdeteksi oleh anti virus kita. Demikianlah sedikit pengetahuan saya tentang berbagai layanan pengaturan dalam control panel sehingga kita dapat mengaturnya sesuai dengan kebutuhan dalam computer kita

Aria herlambang (10108302)
2ka06

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: