Skip navigation

Komunikasi

Pengertian komunikasi adalah suatu proses penyampaian pikiran dan perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang mempunyai arti bagi kedua belah pihak. Proses penyampaia tersebut pada umumnya manggunakan bahasa, karena bahasa menggunakan lambang yang dapat mewakili sesuatu, baik yang berwujud maupun tidak. Komunikasi ini juga sering di sebut komunikasi verbal Selain bahasa dapat juga digunakan gerak isyarat atau mimik dan pant mimic. Komunikasi ini di sebut komunikasi non verbal.
Komunikasi sangatlah penting dalam berkehidupan, kita sebagai makhluk social sangat membutuhkan komunikasi antar sesama untuk kelangsungan hidup, tapi dalam berkomuikasi akan menjadi wajib dengan aturan-aturan agar komunikasi dapat ditempatkan pada porsi-porsinya.sekarang kita akan masuk lebih dalam tentang komunikasi dan selukbeluknya.

• Metode dan Teknik Komunikasi
1. metode komunikasi
Tanpa pernah kita sadari dalam kegiatan berkomunikasi kita sehari-hari kita telah menggunakan berbagai macam metode komunikasi antar sesame seperti berkomunikasi kepada teman, orang tua, atasan dalam peusahaan saat kita bekerja dan banyak lanya, berikut metode komunikasi.
2. Teknik komunikasi
Dalam berkomunikasi diperlukan teknik-teknik agar komunikasi menjadi berlangsung baik untuk komunikan dan komunikator, teknik komunikasi:
I. Adanya topic
II. Periksa tujuan komuikasi
III. Tindakan komunikator harus sesuai dengan apa yang di komunikasikan.
IV. Komunikasikan hal-hal yang berharga.
V. Jangan ada nada singungan SARA dalam berkomunikasi.
VI. Berikan timbal balik pada komunikan.

Komunikan dan Komunikator
 Komunikator
Komunikator adalah orang yang menyampaikan sesuatu pada komunikan. Dalam berkomunikasi tentunya harus tercipta timbal balik agar terjadi suatu komunikasi yang baik, untuk komunikator tntunya harus:
1. Adanya pesiapan
Maksudnya agar dalam berkomunikasi terjadi kelancaran sesuatu yangt ingin di sampaikan pada komunikan
2. Adanya sopan santun
Maksudnya, dalam penyampaian komunikasinya komunikator harus mengerti cara penyampaian yang baik, dari mulai keramahan, kesopanan, kepercayaan diri, menghormati komunikan, kesungguhan dan ketulusan dalam setiap penyampaian maksud yang ingin di sampaikan komunikan.
3. Penguasaan materi
Dalam setiap penyampaian segala sesuatunya kepada komunikan, komunikator wajib menguasai segala materi dan teknik penyampaian agar tercipta suatu timbal balik yang baik juga dan mendapat fokus dari komunikan.
 Komunikan
Komunikan adalah orang yang disampaikan sesuatu oleh komuikator dan memberikan timbal balik akan sesuatu yang telah disampaikan oleh komunikator, hal yang patutnya dilakukan komunikan saat berkomunikasi adalah:
1. Komunikan harus dapat menerima pesan atau sesuatu yang telah disampaikan oleh komunikator meskipun terkadang apa yang telah disampaikan komunikator tidak bisa kita terima begitu saja.
2. Komunikan mampu menanggapi apa yang telah disampaikan oleh komunkator.
3. Mampu memilah-milah pesan atau sesuatu yang baik dari apa yang telah komunikator sampaikan kepada komunikan.
Jadi, setiap komunikan dan komunikator haruslah memiliki pemahaman tentang beberapa teknik atau materi penyampaian dalam setiap kegiatan berkomunikasinya.

Komunikasi Dalam Suatu Organisasi
Komunikasi berasal dari bahasa latin, yaitu Communicatio yang berarti pemberitahuan atau pertukaran pikiran. Istilah Commucatio bersumber dari kata communis yang artinya sama maknanya. Jadi sekelompok orang yang terlibat dalam komunikasi harus memiliki kesamaan makna, jika tidak maka komunikasi tidak dapat berlangsung. Bila seseorang menyampaikan pesan, pikiran dan perasaan kepada orang lain dan orang tersebut mengerti apa yang dimaksudkan oleh penyampaian pesan maka komunikasi berlangsung.

Dalam pengertian komunikasi di atas di sebutkan bahwa makna dalam kata komunikasi adalah orang yang terlibat dalam hubungan komunikasi haruslah memiliki kesamaan makna, hal ini tentunya berbanding lurus dengan tujuan dari sebuah organisasi yang mempunyai kesamaan tujuan untuk mencapai tujuan yang memang menjadi dasar dari terbentuknya suatu organisasi, komunikasi dalam suatu organisasi sangatlh penting peranya tentunya kesamaan pendapat harus ditekankan pada sebuah organisasi meskipun tidak semua pendapat dari masing-masing anggota organisasi dapat disamakan.
Dalam setiap komunikasinya dalam organisasi biasanya dapat dibedakan secara formalitasnya:
 Komunikasi ketua dengan wakil dan pengurus organisasi
 Komunikasi ketua organisasi denganketua organisasi yang lain.
 Komunikasi ketua organisasi dengan para staf atu anggotanya
 Komunikasi antar anggota organisasi

Dalam berkomunikasi secara formal dalam organisasi tentunya memiliki aturan-aturan atau tata cara tersendiri, seperti:
Seorang ketua organisasi biasanya mendapat suatu perbedaan cara pengkomunikasin dengan orang lainya, para anggota lebih segan atau memiliki daya hormat tinggi untuk ketua atau atasanya sehingga dapat terlihat tata cara komunikasi antar kelas pada organisasi.
Apabila pemimpin ingin di hormarmati dan di senangi anak buahnya tentunya seorang pemimpin juga harus memeiliki daya softskill tinggi untuk penyampaian segala pesanya kepada bawahanya, seorang pemimpin harus memiliki komunikasi yang baik kepada bawahanya agar kesamaan tujuan yang di junjung dalam keorganisasian dapat berjalan dengan baik.

Keuntungan dan Dampak dalam Komunikasi
 Keuntungan komunikasi
a. Komunikasi akan mempermudah dan sangat membantu manusia sebagai makhluk sosial.
b. Komunkasi dapat menyatukan pendapat atau kesamaan tujuan
c. Komunikasi dapat membantu dalam bidang-bidang seperti pekerjaan, atau kehidupan seharihari

 Dampak komunikasi
a. Komunikasi yang buruk antara komunikator dan komunikan akan menjadi boomerang bagi kegiatan komunikasi itu sendiri.
b. Komunikasi yang tidak dilandasi dengan tanggung jawab akan menyebabkan berbagai masalah.
c. Kesalah pahaman dalam berkomunikasi akan merusak suatu hubungan antara komunikator dan komunikan.
d. Komunikasi yang disalah gunakan akan merugikan banyak orang.

Demikianlah sedikit artikel yang telah saya buat tentang seluk beluk komunikasi antar manusia atau antar komunikator dan komunikan, jika masih terdapat banyak kesalahan mohon di maafkan dan oenulis meminta saran di kemudian hari untuk mencapai sesuatu yang lebih baik, terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: