Skip navigation

SEKILAS TENTANG  CD ROM??

Hampir semua Perangkat Computer(PC) yang kita miliki sekarang sudah di lengkapi dengan berbagai hardware yang sudah cukup canggih dan mumpuni dalam memudahkan berbagai macam pekerjaan, diantaranya terdapat beberapa media penyimpanan Tentunya CD ROM merupakan salah satu media penyimpanan dari perangkat computer yang kita gunakan sekarang ini dan kita tidak asing dengan media CD ROM itu sendiri, namun bagaimana cara kerja atau konsep dari CD ROM itu sendiri, belum banyak di antara kita yang mengetahuinya, meskipun hanya hardware pendukung, manfaat dari CD ROM itu besar dalam media penyimpanan. maka saya akan sedikit membahas tentang tema CD ROM.

CD ROM merupakan salah satu terobosan dalam media penyimpnn. Pada prinsipny kita hanya dapat menulis data sekali saja sehingga kita tidak bisa merubah data begitu saja namun dapat membacanya berulang kali seperti pada ROM.

CD ROM terbuat dari platinum dan lapisan chorome. Kode atau coding yang di gunakan untuk program penyimpananya terletak pada tonjolan dan cekungan pada piringan, dan terbaca oleh pantulan cahaya oleh cermin yang mendeteksi adanya tonjolan dan cekungan alat deteksinya berupa optic.

Format CD ROM berbeda dengan media lainya perbedaanya adalah format CD ROOM berupa jalur sepiral.pembacaan pada CD ROM memakai kecepatan linier konstan dan keceptan sudah berubah, sehingga putaran pada cd yang berlangsung membuat piringan cd sudah dapat terdeteksi oleh optic .

Sebuh piringan CD-ROM mirip dengan piringan hitam . cara menghitung kapasitas CD-ROM dapat dilakukan dengan melihat fakta sebagai berikut  setiap detik CD-ROM dapat membaca data dari 75 sektor. Setiap sektor berisi data 2kb. Jadi bila sebuah CD-ROM memiliki masa putar 60menit, maka ini berarti piringan itu berkapasitas 60x60x75xkb atau senilai dengan 540 MB.

Perusahaan pembuat CD ROM SONY telah membuat CD ROM CDU 5002 yang berukurn 51/4 inci dn msuk ke lubang drive pd PC. Dengan harga drive 795 dollar AS, dn hrg interface crd ny 295 dollar AS untuk PC/XT atu 200 dollar AS untuk PC.

Meskipun sama sama media penyimpanan CD ROM masih kalah cepat dengan hardisk, hal ini terletak pada cara pengalamatanya.Namun anda dapat mengatasi masalah ini dengan memakai 1 blok untuk 1 file, maka pembacaanya akan lebih cepat.

CD ROM paling tepat di gunakan untuk penyimpanan permanen yang jarang di update, seperti database perpustakan dan lainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: